Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek atau Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah tata cara pembuatan program (programming paradigm) dengan menggunakan konsep “objek” yang memiliki data (atribut yang menjelaskan tentang objek) dan prosedur (function) yang dikenal dengan method. (http://en.wikipedia.org/wiki/Object-oriented_programming)
Dalam pengertian sederhananya, OOP adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan program dengan menggunakan objek. Objek dapat diumpamakan dengan ‘fungsi khusus’ yang bisa berdiri sendiri. Untuk membuat sebuah aplikasi, berbagai objek akan saling bertukar data untuk mencapai hasil akhir.
Berbeda dengan konsep fungsi atau ‘function’ di dalam pemrograman, sebuah objek bisa memiliki data dan function tersendiri.
Setiap objek ditujukan untuk mengerjakan sebuah tugas, dan menghasilkan
nilai akhir untuk selanjutnya dapat ditampilkan atau digunakan oleh objek lain.
Fungsi Pemrograman Berorientasi Objek dalam PHP
PHP bukan bahasa pemrograman yang ‘murni’ berbasis objek seperti Java. Bahkan, konsep OOP dalam PHP baru hadir dalam PHP versi 4, dan disempurnakan oleh PHP versi 5. Dengan kata lain,OOP di PHP merupakan ‘fitur tambahan’. Anda bisa membuat situs web dengan PHP tanpa menggunakan objek sama sekali.
Dalam studi pemrograman, pembuatan program dalam PHP tanpa menggunakan objek disebut juga dengan pemrograman prosedural atau pemrograman fungsional. Dikenal dengan pemrograman prosedural,
karena kita memecah kode program menjadi bagian-bagian atau
fungsi-fungsi kecil, kemudian menyatukannya untuk menghasilkan nilai
akhir.
Dengan membuat program secara prosedural, aplikasi bisa dibuat dengan cepat dan mudah dipelajari jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis objek (bagi anda yang pernah mempelajari Java, tentu telah ‘melewati’ hal ini). Keuntungan pemrograman berbasis objek baru terasa ketika program tersebut telah ‘besar’ atau kita bekerja dengan tim untuk membagi tugas. Konsep ‘objek’ untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri akan memudahkan dalam membuat program.
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan tentang keuntungan atau kerugian menggunakan OOP. Sebagai programmer web, OOP adalah salah satu makanan wajib. Pembuatan website modern saat ini akan lebih mudah jika menggunakan template kode program yang dikenal dengan framework. Daripada kita membuat situs mulai dari awal, menggunakan framework akan mempercepat proses kerja. Dan framework PHP hampir semuanya dibuat menggunakan OOP.
Kenalan dengan object dan class
Ada pertanyaan nih, kita kan harus memandang segala suatu sebagai
object. Bagaimana caranya kita memindah pemikiran object didunia nyata
menjadi object didunia sofware khususnya pemrograman java ?
Sekarang mari kita ambil contoh object burung
class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan object adalah instance dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak.
Sekarang mari kita ambil contoh object burung
class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan object adalah instance dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak.
Sekarang mari kita perhatkan, burung itu punya nama, mata, kaki,
sayap, warna, jenis. Burung juga dapat terbang, berkicau dan berjalan.
Mata, kaki sayap dan warna dalam dunia pemrograman disebut juga atribut atau properties. Terbang, berkicau dan berjalan dalam dunia pemrograman disebut juga behaviour atau method.
class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan object adalah instance dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak.
Untuk membuat sebuah class dengan java sangatlah mudah, cukup gunakan
public class nama_class { }
class biasnya terdiri dari beberapa attribut dan method
Masih bingung apa itu attribute dan method ? Attribute adalah Berbagai variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object. nama, warna, sayap, dan jenis adalah atribute dari class Burung
Method ethod adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class. terbang dan tidur adalah method atau behaviour dari class Burung
Untuk membuat object baru dari class Burung tersebut kita harus menginstantiate class Burung. Untuk menginstantiate sebuah class gunakan keyword new
class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan object adalah instance dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak.
Untuk membuat sebuah class dengan java sangatlah mudah, cukup gunakan
public class nama_class { }
class biasnya terdiri dari beberapa attribut dan method
Masih bingung apa itu attribute dan method ? Attribute adalah Berbagai variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object. nama, warna, sayap, dan jenis adalah atribute dari class Burung
Method ethod adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class. terbang dan tidur adalah method atau behaviour dari class Burung
Untuk membuat object baru dari class Burung tersebut kita harus menginstantiate class Burung. Untuk menginstantiate sebuah class gunakan keyword new
Sekarang mari program untuk membuat object dari class Burung.
0 komentar:
Posting Komentar