Objectives
Setelah menyelesaikan bab ini,
anda diharapkan dapat:
• Mengerti tentang algoritma.
• Membuat algoritma dari suatu permasalahan.
• Mengerti tentang flowchart.
• Membuat flowchart dari suatu
permasalahan.
Tahapan Pembuatan
Program
•
Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.
Mencakup : tujuan pembuatan program,
parameter yang digunakan,
fasilitas yang disediakan, algoritma yang
diterapkan dan bahasa
program yang digunakan.
•
Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Algoritma
• Adalah
inti dari ilmu komputer.
•
Algoritma adalah urutan-urutan
dari instruksi atau
langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu
masalah.
•
Algoritma adalah blueprint dari program.
•
Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
•
Kriteria suatu algoritma:
– Ada input dan output
– Efektivitas dan efisien
– Terstruktur
Contoh Algoritma 1
Mengirim
surat kepada teman:
1. Tulis
surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil
sampul surat.
3.
Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup
sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika
kita ingat alamat teman tersebut, maka
tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika
tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian
tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel
perangko pada surat.
8. Bawa
surat ke kantor pos untuk diposkan.
Contoh Algoritma 2
Mencari
akar bulat positif dari bilangan
bulat
(integer) positif a:
¨Masukkan bilangan
bulat positif a
¨Berikan harga awal x
sama dengan 1
¨Hitung y sebesar x *
x
¨Jika y sama dengan a
maka cetak x
sebagai akar dari a. Selesai
¨Tambah nilai x dengan
1
¨Pergi ke langkah 3.
Contoh Algoritma 3
Menentukan apakah
suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau
bilangan genap.
¨Masukkan sebuah
bilangan sembarang
¨Bagi bilangan
tersebut dengan bilangan 2
¨Hitung sisa hasil
bagi pada langkah 2.
¨Bila sisa hasil bagi
sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil
bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
Bagan-bagan yang
mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
Merupakan cara
penyajian dari suatu algoritma.
Ada 2 macam Flowchart
:
– System Flowchart à urutan proses
dalam system
dengan menunjukkan alat media input, output serta
jenis
media penyimpanan dalam proses
pengolahan data.
– Program Flowchart à urutan instruksi yang
digambarkan dengan symbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh Program
Flowchart
Simbol-simbol
Flowchart
Flow
Direction Symbols (Simbol
penghubung alur)
Processing
Symbols (Simbol
proses).
Input-output
Symbols (Simbol
input-output)
Simbol-simbol
Flowchart
Simbol-simbol
Flowchart – Cont.
Pembuatan Flowchart
Tidak ada kaidah yang
baku.
Flowchart = gambaran
hasil analisa suatu masalah
Flowchart dapat
bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Secara garis besar
ada 3 bagian utama:
– Input
– Proses
– Output
Pembuatan Flowchart –
cont.
Hindari pengulangan
proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga
jalannya proses menjadi singkat.
Jalannya proses
digambarkan dari atas
ke bawah dan diberikan tanda panah
untuk memperjelas.
Sebuah flowchart
diawali dari satu titik
START dan diakhiri dengan END.
Sequence Structur
(struktur
runtunan)
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan.
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan.
Selection Structure
struktur percabangan)
Digunakan untuk
program yang menggunakan pilihan/penyeleksian kondisi
Repetition Structure
(struktur perulangan)
Digunakan untuk
program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.
Contoh 1 Flowchart
Contoh 2 Flowchart
Exercise
1.Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling
lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari.
2.Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 1 diatas.
3.Buatlah algoritma untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya.
4.Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 3 diatas.
5.Buat Algoritma Kelulusan_mhs dan
Flowchart
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar
atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus
jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
7.Menghitung gaji seorang buruh bangunan selama sebulan, dengan ketentuan gaji perhari Rp. 20.000,-
8. Menghitung luas segitiga
9.Menghitung rata-rata dari lima bilangan yang diinputkan oleh user
Menghitung gaji seorang buruh bangunan selama sebulan, dengan ketentuan gaji perhari Rp.20.000
BalasHapusPseudocode nya gimana?
BalasHapus