Office and School Supplies

Sabtu, 20 Juni 2015

Algoritma dan Flowchart

Share it Please

Objectives
Setelah menyelesaikan bab ini,
anda diharapkan dapat:
Mengerti tentang algoritma.
Membuat algoritma dari suatu permasalahan.
Mengerti tentang flowchart.
Membuat flowchart dari suatu
  permasalahan.

Tahapan Pembuatan Program
• Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.
   Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan,
   fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa
   program yang digunakan.
• Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Algoritma
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau
   langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
  – Ada input dan output
  – Efektivitas dan efisien
  – Terstruktur

Contoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka
  tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian
  tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Contoh Algoritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a:
¨Masukkan bilangan bulat positif a
¨Berikan harga awal x sama dengan 1
¨Hitung y sebesar x * x
¨Jika y sama dengan a maka cetak x
  sebagai akar dari a. Selesai
¨Tambah nilai x dengan 1
¨Pergi ke langkah 3.

Contoh Algoritma 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau bilangan genap.
¨Masukkan sebuah bilangan sembarang
¨Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
¨Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
¨Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
Ada 2 macam Flowchart :
  – System Flowchart à  urutan proses dalam system
     dengan menunjukkan alat media input, output serta
     jenis media penyimpanan dalam proses
     pengolahan data.
  – Program Flowchart à urutan instruksi yang
     digambarkan dengan symbol tertentu untuk
     memecahkan masalah dalam suatu program.

Contoh Program Flowchart
Simbol-simbol Flowchart
Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
Processing Symbols (Simbol proses).
Input-output Symbols (Simbol input-output)

Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol Flowchart – Cont.
Pembuatan Flowchart
Tidak ada kaidah yang baku.
Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram  lainnya.
Secara garis besar ada 3 bagian utama:
  – Input
  – Proses
  – Output

Pembuatan Flowchart – cont.
Hindari pengulangan proses yang tidak
  perlu dan logika yang berbelit sehingga
  jalannya proses menjadi singkat.
  Jalannya proses digambarkan dari atas
  ke bawah dan diberikan tanda panah
  untuk memperjelas.
Sebuah flowchart diawali dari satu titik
  START dan diakhiri dengan END.


 Sequence Structur

(struktur runtunan)
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan.
Selection Structure
struktur percabangan)
Digunakan untuk program yang menggunakan pilihan/penyeleksian kondisi

Repetition Structure
(struktur perulangan)
Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.

Contoh 1 Flowchart
Contoh 2 Flowchart
Exercise
1.Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling
  lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari.
2.Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 1 diatas.
3.Buatlah algoritma untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya.
4.Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 3 diatas.
5.Buat Algoritma Kelulusan_mhs dan Flowchart
  Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar
  atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus
  jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.

7.Menghitung gaji seorang buruh bangunan selama sebulan, dengan ketentuan gaji perhari Rp. 20.000,-
8. Menghitung luas segitiga
9.Menghitung rata-rata dari lima bilangan yang diinputkan oleh user

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

2 komentar:

  1. Menghitung gaji seorang buruh bangunan selama sebulan, dengan ketentuan gaji perhari Rp.20.000

    BalasHapus

© 2013 Information Technology as The Key of Future. All rights resevered. Designed by Templateism